Seputar Komputer Built Up dan Komputer Rakitan

Membedakan komputer Built Up dengan komputer Rakitan tidaklah sulit. Dan hal tersebut bisa kita lakukan dengan melihat dari cashing-nya, juga dari merk hardware yang tertanam pada komputer tersebut, satu merk atau tidak? Jika hardware yang di gunakan satu merk misalkan HP, IBM, atau APPLE kemungkinan komputer tersebut adalah Buit Up, sebaliknya jika hardware yang tertanam tidak satu merk alias campur-campur, bisa jadi komputer tersebut Rakitan.

Kedua jenis komputer ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Komputer Built Up merupakan jenis komputer yang di bangun dan dikembangkan oleh pabrik tertentu, maka untuk komputer jenis ini, pengembangannya sangat tergantung pada produsen, dan konsumen hanya dapat memilih menurut tipe-nya saja tanpa bisa menentukan spesifikasi yang diinginkan. Untuk user biasa hal ini sangatlah membantu karena tidak perlu memikirkan masalah teknis dari isi komputer. Akan tetapi hal ini bisa jadi tidak menyenangkan jika kita berkeinginan menentukan sendiri spesifikasi yang kita gunakan, karena komputer Built Up tidak mudah di untuk ubah-ubah (upgrade). Jika memaksa sebenarnya bisa saja kita mengubah spesifikasi komputer Built Up, namun hal ini bisa berpengaruh pada keseimbangan yang tadinya adalah standar produsen dan berubahnya garansi yang di beri oleh produsen.

Komputer Rakitan adalah komputer racikan pihak tertentu baik secara kelompok maupun perorangan yang pada sejarahnya, mereka berkembang dikarenakan ketidakpuasan terhadap komputer Built Up yang belum mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Kalau dulu komputer Rakitan dikenal sebagai jalan untuk mendapatkan komputer dengan harga murah, namun kini sudah beralih menjadi jalan untuk mendapatkan komputer dengan kualitas dan kemampuan yang lebih baik. Jika dilihat dari sisi kualitas, komputer Rakitan masih mampu bersanding dengan komputer Built Up, bahkan bisa jadi lebih tinggi.

Saat ini komputer Rakitan juga hadir dalam bentuk paket seperti halnya komputer Built Up, namun masih tetap dengan kelebihannya yang mudah di upgrade dan bisa disesuaikan dengan keinginan kita.

Yang perlu diperhatikan dalam membeli komputer Rakitan hanyalah kemampuan perakitnya dalam hal pengalaman dan pengetahuan masalah teknologi komputer. Saya sendiri kalau urusan rakit-merakit masih berkonsultasi dengan beberapa kawan tentang hardware apa saja yang akan dipasangkan untuk menjaga kestabilan komputer saya nantinya, salah satunya adalah Bos Ayiek.

Terakhir, dengan berkembangnya komputer Rakitan bukan berarti komputer Built Up tidak bisa eksis. Komputer Built Up masih bisa hadir untuk banyak kalangan yang lebih menginginkan layanan purna jual yang terjamin walau secara kualitas komputer Built Up tidak berada di atas komputer Rakitan. Maaf bukan bermaksud mendiskreditkan salah satu jenis komputer, namun untuk saat ini seperti itulah kenyataanya.

Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel kusam ini, semoga bisa menjadi referensi bagi kita semua dalam memilih komputer mana yang nantinya kita pilih.

1 komentar:

  1. Misi gan, izin share ya...
    Kami menjual PC. BRANDED

    HP Pavilion 500-332X (LED 15,6")
    Price Rp 6.300.000

    SPESIFIKASI

    Core i3-4150 - 3,5 / Mem 2GB / HD 500GB / DVD-RW / GT 705 1GB Bonus KB + Mouse USB


    Kami juga menyediakan paket PC rakitan, Spec dapat Menyesuaikan permintaan



    Terimakasih :)

    BalasHapus

Pencarian...

Artikel Terbaru

Arsip

Security News

Follower

Stats

My Ping in TotalPing.com Ping your blog, website, or RSS feed for Free Pingates Top Personal blogs
eXTReMe Tracker
© Copyright 2010 - 2014 by Orang Asosial
Powered by Blogger