Varanus Salvator-ku berpulang

Varanus Salvator Terbujur kaku

Varanus Salvator urutan kedua yang saya pelihara sejak awal november 2010 kalau tidak salah ingat, akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada siang hari tgl. 31 maret 2011.
Padahal salvator itu sudah agak besar, ukurannya sekitar 70cm, dia juga mulai lemot (ga suka lari-lari), gak pernah mangap kalo mau di pegang, gak pernah hissing (mendesis), gak kabur kalau lihat orang dan gak kagetan, jitot abis deh pokoknya.

Menurut artikel-artikel yang saya baca, dia mengidap MBD (metabolic bone disease) penyakit yang berhubungan dengan tulang karena kekurangan kalsium, dengan beberapa ciri sebagai berikut:
- jalannya ngesot
- ekornya agak keriting
- tidak banyak bergerak

Banyak artikel yang saya baca menyatakan bahwa MBD dapat berujung pada kematian, dan ada juga yang menuliskan bahwa penyakit ini bisa di sembuhkan, asalkan rutin menjemur dan memberi kalsium.

Berbekal informasi dari artikel yang menyatakan bahwa MBD bisa di sembukan, saya pun optimis bisa menyembuhkan penyakitnya.
Ritual penjemuran tiap pagi saya lakukan. 1 tablet ELKANA perhari menjadi pilihan suplemennya. Saya berikan setengah tablet pagi dan setengahnya lagi malam hari.

Kurang dari 3 minggu yang lalu saya rutin melakukan ritual diatas, dan 5 hari yang lalu sudah nampak hasilnya. Salvator sudah bisa berjalan tanpa ngesot, sudah bisa manjat meski agak berat kayaknya, dan ekornya juga mulai kaku.

Tapi ya.. mungkin memang sudah waktunya salvator ku harus pergi tanpa memberi tanda, saya hanya bisa merelakannya dan semoga kau bisa damai disana, dan tetaplah menjadi biawak yang jinak.

Varanus Salvator Terbujur kaku


7 komentar:

  1. kayaknya ini hewan rumahan ya... ?

    BalasHapus
  2. @coretan:
    salvator hewan liar bos, biasa hidup di rawa2 atau di sungai.

    BalasHapus
  3. om, bedain jantan n betinanya gimana yang mudah? saya baru mau pelihara dari baby.. tolong dijawab yah.. terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jantan/betina bisa di lihat secara visual.
      kalo bebi mungkin agak susah bedain jenkel-nya.
      lebih muda kalo ukuran panjang sudah 50cm up.

      untuk contoh gambarnya cari di google dengan keyword "sexing varanus"


      terima kasih telah berkunjung

      Hapus
  4. Terima kasih juga untuk jawabannya mimin...
    Ini babynya besok baru mau saya ambil, mimin lokasi di jakarta atau mana ya? Kali2 saya bisa berguru sm admin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. good luck, semoga salvanya sehat sampe gede.
      saya lokasi di surabaya

      Hapus
  5. Amiiin.. Terima kasih suhu.. Oia, kira2 intensitas pemberian makan n jenis makanan biar salva bisa sampe ukuran 2m itu apa ya om??
    Oia om, klo mau n klo boleh, saya minta pib BBM nya doong kirim via email saya saja om.. Hendyonosasongko@gmail.com terima ksh sebelumnya..

    BalasHapus

Pencarian...

Artikel Terbaru

Arsip

Security News

Follower

Stats

My Ping in TotalPing.com Ping your blog, website, or RSS feed for Free Pingates Top Personal blogs
eXTReMe Tracker
© Copyright 2010 - 2014 by Orang Asosial
Powered by Blogger