Perbedaan LCD dan LED


LCD adalah televisi / monitor layar datar yang memanfaatkan teknologi Liquid Crystal Display, dimana teknologi ini telah di gunakan sejak tahun 1970an. Yang awal mulanya hanya digunakan untuk jam digital. LCD memiliki dua lapisan kaca saling menempel yang dapat mengurangi efek silau yang di hasilkan oleh gelombang cahaya acak yang memberikan ketajaman visual dan mengurangi kelahan mata.

Salah satu dari lapisan kaca tersebut memiliki cairan kristal yang berfungsi sebagai penyaring cahaya yang berasal dari serangkaian lampu neon yang berletak di belakang layar untuk memperjelas gambar yang di tampilkan.

LCD menghasilkan kualitas gambar yang tinggi. Monitor atau televisi yang memanfaatkan teknologi ini dapat di buat sangat tipis, yang mana ini dapat menghemat ruangan sehingga pengguna dapat menempatkannya dimana saja, bahkan menempelkannya di tembok.

LED merupakan pengembangan dari teknologi LCD dan mulai digunakan sejak tahun 2004, dan satu-satunya yang menjadi perbedaannya antara LCD dan LED adalah sumber cahaya yang berfungsi untuk memperjelas gambar yang di tampilkan di layar. LED memanfaatkan cahaya dari Light Emitting Dioda, sedangkan LCD menggunakan lampu neon.

Ada 2 jenis pencahayaan di LED:

  1. Pencahayaan Edge, pencahayaan ini memanfaatkan rangkaian dioda yang diatur sepanjang tepi luar layar sehingga ketika ada arus listrik maka cahaya tersebut langsung di distribusikan pada layar.
  2. Pencahayaan Full Array, merupakan pencahayaan yang di hasilkan oleh beberapa baris dioda yang berada di seluruh permukaan layar dan memberikan kontrol kecerahan dan peredupan, karena dioda dapat di hidupkan dan dimatikan secara independen.


Dari penjelasan di atas maka bisa di simpulkan bahwah LED adalah LCD dengan sistem Backlight yang lebih maju.
LED di kembangkan karena memberi keseimbangan pada warna dan menyerap daya lebih sedikit dibandingkan lampu neon yang ada pada LCD.


ilustrasi gambar dicomot dari http://www.itinfopoint.com

0 comments:

Post a Comment