Perbedaan Laptop dan Notebook

Kemarin saya telah membahas tentang beda komputer built up dan rakitan, sekarang saya mencoba untuk menjelaskan "perbedaan Laptop dan Notebok?"

Dulu saya berpikiran bahwa perbedaan dari keduanya hanya ada pada ukurannya dan beratnya saja. Dan itu benar, tapi tidak untuk saat ini.
Sekarang untuk lebih jelas mengetahui apa sih perbedaan laptop dan notebook saat pertama kali muncul di pasaran. Mari kita lihat dari segi penampilan dan dukungan hardware-nya.

Notebook mempunyai ukuran layar antara 12 inch - 14 inch TFT Screen dengan cahaya lebih terang dari pada laptop, namun minimal sekali dukungan grafis yang dimiliki.
Laptop mempunyai ukuran layar antara 14 inch – 17 inch TFT Screen juga, namun lebih lebar (sebut side-screen) dan diperkuat dengan dukunga kartu grafis sekelas ATI Radeon dan Nvidia GeForce.
Untuk ukuran beratnya, sudah jelas lebih ringan notebook terdahulu yang memiliki layar lebih kecil dan body yang lebih tipis dari pada laptop dengan layar yang lebih lebar (wide).

Notebook terdahulu, belum di dukung oleh adanya internal DVD/CD, beda dengan laptop yang sejak awal penampakannya di pasaran sudah didukung dengan internal DVD/CD. Begitu juga halnya pada dukungan koneksivitas. Di notebook kita hanya akan menemukan modem dan port network connection. Sedangkan pada laptop sudah tertanam Bluetooth dan kemampuan Wi-Fi.

Notebook masih lebih unggul pada dukungan baterai yang mampu bertahan antara 4 – 5 jam karena konsumsi tenaga yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, sedangkan laptop hanya mampu bertahan kurang lebih 3 – 4 jam saja.

Seiring perkembangannya, hingga saat tulisan ini saya buat. Hampir tidak ada beda antara Laptop dan Notebook jika kita melihatnya dari segi penampilan dan hardware yang mendukungnya, kecuali OS (operating system) yang tertanam di dalamnya.
Sejak kemunculan pertama notebook, OS yang ada padanya tidak pernah bisa di ubah sesuka hati, kecuali di upgrade. Beda dengan laptop, disana kita bisa menganti OS sesuka hati.

Singkat cerita, notebook pada dasarnya di rancang sebagai penyedia komputasi mobile bagi para pegawai dengan dukungan software yang memadai. Sedangkan laptop di rancang sebagai pengganti PC Desktop yang gedenya se-gambreng!.

Nah sampai disini penjelasan saya tentang Perbedaan Laptop dan Notebook, semoga penjelasan singkat saya diatas dapat dipahami dan bermanfaat bagi anda sebagai referensi sebelum memutuskan membeli komputer "jinjing".

0 comments:

Post a Comment