Pemalas vs Blue Screen pada Acer Aspire one ZG8


Hidup serba kebetulan ternyata asik juga :)
Kebetulan lagi nyari bahan buat update blog, lha kog kebetulan dapat kasus blue screen pada netbook Acer Aspire one ZG8.
Menurut sang empunya netbook, windowsnya restart terus. Ceritanya waktu lagi digunakan tiba-tiba listrik padam, dan apesnya saat itu batterai netbook tidak sedang terpasang.

Analisa pertama saya pasti hardisknya yang kena, dan ternyata benar waktu saya coba gunakan mini windows loading explorer-nya lama baget kemudian hang. Pake software sejenis partition manager hang juga, masuk Save Mode tetep gak bisa, hahahaha.... lha wong masalah di hardisk kog masuk Save Mode.

Solusi pertama yang ada di otak kiri, windows-nya harus di repair bahasa kampungnya di perbaiki/install ulang, tp males banget deh ini kan gak ada CD-ROOM-nya berarti harus bikin intaller di flashdisk donk?, males lagi deh bikin installernya, maklum lagi kumat malesnya.
Akhirnya gak cuma putar otak tapi harus putar kepala jgua supaya nemuin solusinya.

Ting...ketemu deh, "netbook ini kan ada recovery-nya... mungkin dengan mengakses partisi recovery-nya bisa memberi semangat pada partisi yg lain supaya bisa berjalan normal" Solusi aneh yang ada di kepala karena males...males... itu tadi.

Kemudian saya hidupkan kembali netbooknya dan tekan tombol Alt + F10, kira-kira 2 menit lamanya menunggu penampakan akhirnya muncul juga e-Recovery. Sampai disini karena saya hanya ingin memberi semangat pada partisi yang lain jadi saya gak perlu melakukan apa-apa. Saya klik tombol  Exit untuk melakukan restart dan taraaaaaaaaaaa... windows pun berjalan dengan normal tanpa hambatan :)

Sekian, semoga yang baca tulisan saya gak ikut muter kepala karena ceritanya, hehehehe

1 comment: